Membuat Program Layout Website dengan CSS dan HTML

Membuat Program Layout Website dengan CSS dan HTMLLayout website atau dapat juga dikatakan sebagai tata letak yaitu pengaturan untuk tulisan-tulisan serta gambar-gambar yang terdapat di website. Sebelum Anda mengetahui bagaimana cara membuat layout web dengan CSS dan HTML, lebih baik ketahui terlebih dahulu bagaimana sebuah layout dikatakan terbaik. Di katakan terbaik apabila bisa bekerja serta tercapai sebuah tujuan jika pesan yang diberikan bisa dengan cepat di mengerti oleh pengguna.

Kemudian layout mampu memudahkan pengguna dalam berpindah dari bagian satu menuju bagian lainnya, oleh karena itu layout harus bisa tertata serta dipetakan dengan baik. Yang terakhir adalah layout wajib menarik agar memperoleh perhatian dari pengguna web. Setelah mengetahui seperti apa layout yang baik, sekarang Anda harus mengetahui cara membuat layout website dengan CSS dan HTML.

Cara Membuat Layout Website dengan CSS dan HTML

CSS

Mungkin bagi sebagian orang belum mengetahui peran atau fungsi dari CSS. SCC mempunyai fungsi yang utama yaitu untuk dapat merancang, dapat mengubah, dapat mendesain, dan dapat membentuk halaman pada website. Selanjutnya untuk isi pada halaman di web yaitu berupa tag-tag HTML, jadi dapat dikatakan apabila CSS dapat berperan untuk merubah tag-tag HTML sederhana untuk bisa lebih menarik serta lebih fungsional.

Perlu Anda ketahui jika cara untuk kerja dari CSS adalah cukup mudah, yang harus Anda lakukan adalah dengan menulis style atau selector ide serta class yang disesuaikan sehingga dengan otomatis dapat bekerja di dokumen HTML.

HTML

biasanya pada HTML akan digunakan tag-tag tertentu berada di dalam kurung <>. Untuk tak HTML sebagian besar adalah tag berpasangan. Misalnya apabila Anda menggunakan <head> maka harus menutupnya dengan </head>, selanjutnya apabila Anda menggunakan <p> maka harus menutupnya menggunakan </p>. Pada HTML juga terdapat tag tak berpasangan seperti <mag>. Perlu Anda ketahui jika dokumen HTML sebenarnya mirip seperti dokumen dengan tulisan yang biasanya.

Yang membedakannya yaitu pada dokumen HTML untuk tulisannya memuat instruksi dengan tanda atau kode yang biasa disebut TAG. Misalnya apabila Anda menginginkan tulisan yang ditampilkan jadi tebal, maka penulisannya di dokumen HTML menjadi TULISAN TEBAL. Jadi tanda tersebut digunakan dalam mengaktifkan perintah cetak tebal, selanjutnya tulisan yang ingin dibuat tebal mengikutinya. Yang terakhir adalah dengan mengakhiri menggunakan tanda agar cetak tebal tersebut menjadi nonaktif.

HTML5 dan CSS3

Anda dapat juga membuat Layout dengan menggunakan HTML 5 dan CSS 3 dengan cara yang pertama yaitu text editor, di mana program untuk menulis barisan perintah atau kode yang nantinya bisa Anda simpan menyesuaikan format yang Anda inginkan. Selanjutnya Anda dapat menyalin kode yang bisanya sudah tersedia dan simpan menggunakan nama Indeks.html. Yang diperhatikan adalah jangan mengubah Tag <!DOCTYPE html>.

Langkah berikutnya yaitu susun kode yang berada antara tag <body> serta </body>, yang akan digunakan dalam pembuatan layout website Anda. Untuk kode biasanya sudah banyak tersedia, begitu juga untuk script yang lengkap. Setelah Anda selesaikan semua itu maka tag-tag tersebut membutuhkan CSS3 agar membentuk sebuah layout. Kemudian tempatkan kode di atas tag yaitu  </head> dan selesai.

Itulah cara membuat layout website dengan menggunakan CSS dan HTML, dan Anda juga dapat menggunakan HTML5 serta CSS3 untuk pembuatan layout.