Cara Membuat Website Pemerintahan Desa yang Resmi

Cara Membuat Website Pemerintahan Desa yang ResmiWebsite pemerintahan desa mempunyai peran yang penting di dalam suatu pemerintahan. Seiring dengan perkembangan bidang teknologi dan informasi yang sangat pesat telah mewajibkan semua pihak, baik individu, sebuah organisasi yang swasta maupun yang pemerintah untuk bisa memberikan informasi terbaru dengan perantara media digital. Begitu juga dengan pemerintah desa yang merupakan sebuah lembaga pemerintah paling depan dalam memberi layanan pada masyarakat.

Pemerintah desa sudah seharusnya mengikuti perkembangan teknologi tersebut dengan memiliki sebuah website pemerintahan desa yang resmi. Dari pemerintah sendiri juga sudah menunjukkan keseriusannya dengan memberikan domain desa.id untuk domain yang resmi. Adanya web pemerintah desa ini diharapkan pemerintah desa mampu memberikan beberapa informasi terbaru mengenai kebijakan-kebijakan dari pemerintah dengan cepat.

Selain itu dengan web ini akan memudahkan komunikasi di sistem administrasi akan berlangsung dengan cepat tanpa harus berlangsung beberapa hari, dapat berperan sebagai media untuk pemberdayaan, serta membuat masyarakat menjadi lebih aktif dalam berkomunikasi tanpa batasan ruang serta waktu dengan menyesuaikan kepentingannya. Oleh karena itu, cara membuat web pemerintah desa harus dilakukan dengan benar menggunakan domain yang resmi.

Cara Membuat Website Pemerintahan Desa yang Resmi dan Manfaatnya

Membeli Domain yang Resmi

Untuk membuat website pemerintahan desa yang resmi, maka harus membeli domain yang resmi dan sudah disediakan oleh pemerintah. Adapun domain resminya adalah .desa.id atau dibaca dot desa dot id. Selanjutnya buat nama domain seperti www.banjengan.desa.id atau nama desa lainnya.

Hosting Untuk Upload File

Setelah mempunyai nama domain maka yang dibutuhkan selanjutnya adalah hosting. Hosting diperlukan untuk mengunggah beberapa file yang nantinya dipublikasikan. Selain itu, akan berguna untuk membuat desain ataupun menginstal template atau tampilan web desa tersebut. Harga dari hosting berbeda-beda menyesuaikan kapasitas untuk bandwidth, space untuk disk, dan fasilitas yang lainnya.

Membuat Desain atau Tampilan dari Website

Ketika sudah mempunyai nama domain serta sudah membeli hosting, maka selanjutnya dapat memulai pada tahap desain. Mendesain web sangat mudah terutama bagi yang membeli hosting Hal tersebut karena biasanya dari server hosting telah menyiapkan macam-macam CMS open source, misalnya WordPress. Dengan begitu cukup memasang serta menginstal sehingga menjadi tampilan web desa.

Namun akan lebih baik lagi jika membuat desain web sendiri agar memperoleh tampilan yang menarik dan lebih bagus menyesuaikan dari selera orang di pemerintahan desa tersebut.

Manfaat Dari Website Desa

Seperti yang disebutkan di atas, ada banyak manfaat dari website pemerintah desa yaitu membuat masyarakat lebih sadar akan pentingnya teknologi komunikasi sebagai alat berkomunikasi yang lebih efisien serta lebih berdaya, membantu komunikasi antara pemerintah desa dengan pemerintah daerah atau untuk memudahkan komunikasi antara desa dengan masyarakat, membantu promosi akan potensi dari desa terutama potensi pada sosial dan ekonomi, dan masih banyak lagi manfaat yang diperoleh dengan adanya website pemerintahan desa tersebut.

Itulah di atas mengenai cara pembuatan website pemerintahan desa yang resmi dan manfaat dari adanya website pemerintahan desa untuk tercapainya desa yang lebih maju denagn komunikasi yang modern.