Alasan Website Restoran Tidak Mencantumkan Daftar Harga

Alasan Website Restoran Tidak Mencantumkan Daftar HargaSekarang ini, mencari informasi jenis apapun dirasa sangat mudah karena adanya kemajuan teknologi, salah satunya adalah mencari website restoran. Banyak orang membutuhkan referensi sebelum mengajak orang spesial untuk merasakan jamuan makan di restoran tertentu, maka dari itulah mereka biasanya mencari informasi dengan mengunjungi situs resmi restoran tersebut.

Ada banyak informasi yang disediakan oleh website semacam ini, mulai dari jam buka, lokasi hingga deretan menu yang mereka sediakan. Beberapa web terkadang membeberkan cara memasak sebagian menu mereka untuk menarik pelanggan agar penasaran dan mencoba menu tersebut. Namun, ada satu hal yang jarang mereka tampilkan, yaitu harga. Mengapa?

Pertimbangan Website Restoran Tidak Menampilkan Harga

Perubahan Menu

Tidak semua website rumah makan selalu update, termasuk soal menu. Ada beberapa restoran yang memang menyajikan beberapa menu yang sering berubah. Sehingga mencantumkan menu dan harganya dirasa cukup merepotkan. Jadi menu yang mereka sajikan di dalam website biasanya adalah menu yang merepresentasikan apa saja yang ada di restoran mereka.

Untuk itulah mereka menyediakan nomor kontak yang bisa dihubungi, baik untuk reservasi maupun menanyakan seputar informasi yang konsumen inginkan. Interaksi semacam ini dinilai lebih menguntungkan bagi restoran karena sebagai bukti adanya komunikasi dengan konsumen.

Perbedaan Harga

Beberapa restoran sengaja membuka cabang, baik di dalam kota maupun luar kota hingga luar negeri. Mencantumkan harga bisa membuat beberapa kesulitan, terlebih jika harga yang ditetapkan untuk tiap cabang bisa berbeda. Perbedaan harga ini tentunya tergantung banyak faktor, termasuk distribusi makanan, harga bahan di sekitar restoran cabang dan lain sebagainya.

Maka dari itulah website restoran jarang mencantumkan harga, terutama jika mereka memiliki cabang. Hal ini juga untuk menjaga kestabilan tiap restoran agar tidak terganggu karena perbandingan harga tersebut.

Menggugah Rasa Penasaran

Segala sesuatu yang misterius biasanya mendorong rasa ingin tahu seseorang. Ketika melihat sebuah menu yang begitu menggoda namun tidak ada daftar harga yang ada di sana, maka konsumen yang begitu penasaran pasti akan langsung mendatangi restoran tersebut.

Namun memang ada kelemahan dari penerapan sistem ini, yaitu bagi konsumen yang tidak cukup percaya diri untuk mendatangi restoran tersebut karena menganggap harga yang ditetapkan pasti mahal, terlebih jika konsep restoran yang ditawarkan begitu mewah.

Menyaring Konsumen

Seperti yang sudah disinggung di atas, beberapa pemilik restoran memang sengaja untuk tidak mencantumkan harga di daftar menu mereka karena memang menjaring konsumen yang berduit. Konsep pemikiran mewah dan “sombong” ini pastinya hanya akan mendatangkan pengunjung yang berkantong tebal, yang tidak akan memikirkan masalah sepele seperti harga.

Pencantuman maupun tidak sebuah harga di daftar menu website restoran tentunya berlandaskan pada prinsip masing-masing pemilik. Namun tentunya yang lebih penting untuk dicermati adalah review dan testimoni serta tampilan website ketika Anda ingin mencari informasi mengenai restoran yang akan Anda kunjungi.